Aplikasi Edit Foto Kekinian untuk Bikin Foto Anda Makin Keren

Maraknya smartphone berkamera dalam beberapa tahun terakhir (misalnya Oppo F3) secara tidak langsung memancing masyarakat untuk lebih rajin memotret. Dari mulai foto selfie hingga makanan yang akan disantap pun sering menjadi objek foto yang kemudian dibagi melalui berbagai media sosial. Hal ini pula yang kemudian menggerakan banyak developer untuk menghasilkan aplikasi edit foto agar foto smartphone makin keren.


Aplikasi ini sangat beragam. Seperti yang menyajikan berbagai stiker penghias foto hingga yang menyediakan fitur canggih laiknya software edit foto yang digunakan di komputer pribadi. Dari beragam aplikasi tersebut, berikut 10 aplikasi edit foto kekinian yang bisa Anda coba untuk membuat foto Anda makin keren, lucu, dan menarik.

1. BeautyPlus

Anda yang penggemar drama Korea maupun K-Pop pastinya tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. Karena aplikasi BeautyPlus bisa menyulap wajah Anda menjadi lebih cantik dan menarik secara instan.

Anda pun bisa tampil cantik bak artis-artis Korea yang sedang menjadi idola saat ini. Menariknya lagi, nama-nama filter yang digunakan pada aplikasi ini pun dirancang dengan mengandalkan nama-nama artis Korea. Ada sejumlah template yang kemudian bisa dimodifikasi sesuai keinginan dan style yang Anda cari.

Tak hanya itu, aplikasi ini bisa membuat mata Anda menjadi lebih berbinar, senyum yang lebih menawan, bahkan bisa memiliki pipi yang menggemaskan. Tentunya, ini akan membuat Anda lebih cantik dan lebih percaya diri saat menjadikan foto hasil editan BeautyPlus sebagai profile picture.

2. PicMix 

Aplikasi edit foto berikut ini cukup populer di Indonesia. Meski sudah lama muncul, aplikasi asli buatan Indonesia ini masih banyak digunakan hingga saat ini. Apalagi, selalu ada fitur baru yang ditawarkan dalam setiap versi terbarunya.

Selain fitur foto kolase, Picmix juga menyediakan fitur editor yang cukup lengkap. Dari mulai crop sederhana, menambah kontras, hingga menerapkan sejumlah efek yang bisa membuat foto Anda makin menarik dilihat. Selain itu masih ada fitur photo frame yang menyediakan ratusan frame yang unik yang siap menjadi bingkai menarik dari foto.

Melalui Picmix, Anda juga bisa mendapat banyak teman baru, bahkan akun Anda bisa diikuti oleh banyak orang dari seluruh penjuru dunia jika mampu menghasilkan foto-foto editan yang cantik dan menarik perhatian.

3. FaceApp

Sesuai namanya, aplikasi ini memang hanya fokus pada pengeditan wajah. Sangat pas dijadikan “senjata” untuk mempermak foto profil yang Anda buat sehingga terlihat lebih menarik. Dengan menggunakan FaceApp, foto Anda atau siapa pun yang tidak tersenyum bisa diubah seketika. Cukup satu kali klik, maka wajah Anda yang tadinya datar bisa langsung tersenyum menawan.

FaceApp juga bisa membuat Anda mengira-ngira seperti apa saat tua nanti. Dengan menekan pilihan “old” wajah muda Anda seketika menjadi renta. Sebaliknya, dengan mengklik “young” wajah tua Anda yang penuh kerutann seketika menjadi muda dan kencang kembali.

Fitur yang tak kalah menariknya adalah Anda bisa berubah jenis kelamin. Tentu saja, hanya dalam foto. Wajah laki-laki bisa menjadi perempuan, begitu pula sebaliknya.

4. SNOW

Jika Anda doyan menempelkan berbagai stiker pada foto yang dibuat, maka aplikasi edit foto SNOW harus Anda coba. Aplikasi ini memang sangat mengandalkan penggunaan stiker dan filter yang memuat foto-foto selfie Anda menjadi lucu dan berbeda.

Aplikasi yang bisa diunduh di ponsel android mupun iOS ini bahkan boleh dibilang bukan sekadar aplikasi edit foto biasa. Mengapa? Karena SNOW juga menyediakan fasilitas video call, chat, picture message, termasuk meng-update status dan cerita setiap hari untuk dibagikan kepada teman-teman atau followers Anda.

5. Camera360

Aplikasi yang juga sangat mengandalkan stiker sebagai fitur yang bisa digunakan adalah Camera360. Aplikasi ini termasuk yang sangat populer di kalangan anak-anak muda dunia. Buktinya, Camera360 menjadi Best App of 2016 di Google Play di sejumlah negara. Dengan menggunakan Candy Selfie, Anda bisa memiliki mata yang lebih berbinar, bibir yang menggoda, dan hidung yang lebih bangir. Semuanya cukup dengan menekan ikon yang ada di deretan pilihan.

Tersedia banyak filter yang bisa digunakan untuk memperindah foto selfie Anda. Dari mulai filter standar seperti mengubah kontras, merotasi foto, balance color, hingga filter kartun yang lucu.

6. PicSay

Keistimewaan dari aplikasi PicSay adalah ukuran filenya yang sangat kecil. Hanya 1,8 MB saja. Sehingga aplikasi ini pun terasa ringan saat dijalankan. Pas banget bagi Anda yang ingin mengedit foto secara praktis dan cepat. Memang, fitur yang disediakan pun cukup sederhana. Seperti menambah stiker dan tulisan, memperbaiki kontras, tint, saturasi, eksposur, dan temperatur.

Sementara untuk stiker disediakan cukup banyak pilihan yang bisa digunakan untuk menghias foto menjadi lebih menarik. Jika Anda ingin mendapatkan fitur dan efek yang lebih lengkap, bisa membeli PicSay Pro. Aplikasi yang merupakan full version dari PicSay ini bisa dibeli seharga Rp 20.000 di Google PlayStore.

7. MomentCam Cartoons & Stickers

Aplikasi edit foto yang satu ini akan membawa Anda ke dunia kartun dan emoji. Aplikasi MomentCam Cartoons & Stickers menyediakan ratusan pilihan yang bisa membuat foto Anda menjadi sangat berbeda. Anda bisa berkreasi dengan beragam pilihan kartun yang tersedia di aplikasi ini. Tidak akan ada wajah asli Anda lagi jika sudah diedit menggunakan aplikasi ini.

Yang tertinggal adalah versi kartun dari wajah Anda dengan berbagai pose dan template yang sudah disediakan. Tak hanya itu, MomenCam juga menyediakan berbagai template emoji yang menggunakan foto wajah Anda sebagai bahan utamanya. Nantinya, Anda akan punya emoji personal yang tidak dimiliki orang lain.

Apa pun aplikasi edit foto yang Anda gunakan, tetap semuanya kembali kepada Anda selaku sosok yang mengambil gambar. Artinya, kualitas foto yang sejati adalah yang memang dihasilkan tanpa bantuan aplikasi. Aplikasi digunakan untuk sekadar menambal kekurangan yang ada dalam foto. Tapi, nilai dan esensi dari foto itu sendiri sudah muncul sejak Anda menekan tombol di smartphone Anda.